Media Sosial Kini adalah Bagian Tak Terpisahkan dari Kampanye Politik

Sudah tidak aneh lagi jika sekarang ini media sosial memainkan peran penting dalam setiap kampanye politik, baik itu pilkada yang bersifat lokal atau pemilu nasional. Banyak dari perbincangan politik seperti ini terjadi di berbagai platform media sosial.

Ditambah dengan kemajuan teknologi sekarang ini, kamu tahu bagaimana pentingnya sentuhan digital dalam sebuah kampanye. Di dalam kasus ini, kita semua tahu dan sadar jika kehadiran sosial media telah menjadi bagian terpenting bahkan tulang punggung yang dibutuhkan oleh sebuah kampanye politik.

Media sosial bisa membawa sebuah partai politik atau calon wakil rakyat langsung menyentuh para calon pendukungnya dengan cara yang cenderung mudah dibandingkan kampanye konvensional yang menghabiskan banyak waktu dan dana. Meski begitu, ada beberapa hal yang mesti dipertimbangkan sebelum kamu bisa secara penuh menyerahkan kegiatan kampanye kamu ke media sosial.

kampanye politik di medsos

Bagaimana kamu tahu jika pesan yang kamu sampaikan akan terdengar oleh para audiens-mu? Apakah kamu dapat memahami reaksi publik secara general dari hiruk pikuk para suporter pesaing?

Dalam artikel ini, kamu bisa menemukan beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan efektifitas kampanye kamu melalui media sosial.

Buatlah Website Kandidat Kamu Sendiri

Mungkin ini adalah hal pertama yang harus kamu lakukan tepat pertama kali kamu memutuskan diri menjadi kandidat dalam kampanye politik. Buatlah website dengan domain yang menampilkan nama kamu sendiri. Jika tidak ada, gunakan nama yang paling mendekati seperti misalnya: BudiBudimanBupatiBrebes.com agar tampak lebih resmi.

Website yang kamu buat harus sederhana dan mudah untuk dijelajahi oleh para pengunjung website. Perbaharui konten website kamu secara teratur agar para calon pemilih dapat melihat kabar terbaru tentang kampanye politik-mu. Masukan juga daftar profil media sosial yang kamu punya untuk kampanye politik di situs ini jadi orang-orang bisa lebih mudah untuk menemukan kamu dan menyampaikan dukungan mereka.

Buatlah Facebook Fan Page

Kamu mungkin sudah punya akun Facebook kamu sendiri dan banyak dari kawan dan orang kenalanmu yang terhubung lewat akun ini. Fan page, di sisi lain, memiliki fitur yang akan mempermudah orang untuk menjadi pendukung kamu dengan sekali klik.

Administrator dari fan page ini dapat mengirimkan update ke seluruh fan kamu di seluruh dunia dan membangun jalur komunikasi yang sehat melalui dinding fan page. Ajak kawan dan kolega-mu melalui email untuk bergabung di halaman ini.

Promosikan juga di halaman website-mu dan sebaliknya, jadi orang yang berkunjung ke salah satu tempat ini dapat menemukan tempat kampanye kamu yang lainnya.

perang kampanye politik di medsos

Tetap Aktif di Twitter

Twitter telah terbukti sebagai alat terbaik yang digunakan para kandidat politik untuk ‘memasarkan’ dirinya ke hadapan publik. Dengan pertimbangan hanya membutuhkan waktu kurang dari satu menit untuk membuat sebuah tweet, kamu, sebagai kandidat, tidak memerlukan orang lain untuk mengatur halaman Twitter milikmu, seperti halnya website atau Facebook.

Twitter juga memberi kesan ‘kejujuran’ dari seorang calon pemimpin. Kamu juga harus bisa menjaga dan memelihara personal tone yang kuat yang bisa membuat para suporter lebih mengenal dan memahami kamu.

Berbagi Video Perjalanan Kampanye

Video lebih banyak dipilih oleh orang-orang zaman sekarang dibandingkan dengan konten yang bersifat tekstual dikarenakan oleh faktor internet yang lebih mudah diakses. Orang yang tidak suka membaca akan mau menghabiskan waktu lebih lama menonton video yang menyajikan informasi yang serupa.

Bagikan video perjalanan kamu selama kampanye di setiap platform media sosial dan website untuk memberikan kabar terbaru yang publik patut untuk tahu. Kamu bisa gunakan beberapa platform media sosial seperti Youtube, Facebook, Instagram, dan Twitter untuk mengunggah video-video kampanye-mu.